What's Up

Recent Articles

Thursday, March 8, 2012

Balet dan Fisika


Balet itu salah satu seni tari klasik favorit saya. Walaupun cuma tau The Nutcracker doang (itu juga gara-gara nonton Barbie and the Nutcracker ;)), tapi yang jelas saya suka bener melototin tarian balet di teve.

Tapi tau kah kamu, kalo balet itu merupakan perpaduan seni dengan ilmu fisika? Jarang ada yang tau kan? Nah ini, sekarang ini mau saya kasih tau.


source : google.com


Jadi menurut WikipediaBallet is a type of performance dance, that originated in the Italian Renaissance courts of the 15th century, and which was further developed in France and Russia as a concert dance form. The early portions preceded the invention of the proscenium stage and were presented in large chambers with most of the audience seated on tiers or galleries on three sides of the dance floor.

Trus Fisika nya dimana?
Perhatiin gambar deh, disitu kan jelas kalo seluruh tubuh balerinanya tertopang di jempol kaki, nah disitu ada rahasia fisikanya. Gerakan balet yang dinamis merupakan gabungan logika dengan intuisi, persepsi analitik dengan perasaan, serta gabungan pengertian holistik dengan pemikiran, langkah demi langkah. Di situlah  hukum fisika berperan.

Pada tarian balet terkenal ‘The Nutcracker’ seorang balerina (penari balet) memulai tariannya dengan berjinjit seimbang pada satu kaki dan tangan terangkat ke atas. Kaki yang lain terangkat ke belakang. Pada keseimbangan yang dikenal dengan nama arabesque on pointe itu, penari bertumpu pada daerah yang sangat kecil. 

Menurut Hukum Keseimbangan, posisi berdiri diatas daerah kecil (on pointe) bisa tercapai jika pusat berat balerina berada tepat di atas titik tumpunya. Pada posisi yang dipopulerkan oleh Marie Taglioni pertengahan abad ke-19, gaya berat berada satu garis dengan titik tumpunya. Tetapi ketika posisi pusat berat balerina menyimpang dari posisi seimbang, maka gaya gravitasi akan membuat balerina terpelanting dalam waktu yang relatif singkat. 

Lalu setelah melakukan gerak diam seimbang, seorang balerina akan bergerak. Ketika balerina bergerak maju, yang ia lakukan adalah menekan lantai dengan kakinya ke arah belakang. Pada saat mendapat tekanan, lantai bereaksi dan mendorong kaki balerina dengan gaya yang sama besar ke arah depan sehingga balerina bergerak maju. Makin keras kaki balerina menekan lantai, makin cepat balerina bergerak maju. Konsep ini juga kita gunakan pada waktu berjalan.

Ketika penari sedang bergerak ke depan, bisakah ia membelok atau bergerak melingkar? Menurut Newton, benda yang bergerak lurus akan membelokjika ada gaya ke samping. Bagaimana memperoleh gaya ke samping? Seorang balerina mengetahui cara memperoleh gaya ke samping. Ketika balerina akan membelok ke kanan, kakinya akan menekan lantai ke kiri. Lantai akan memberikan reaksi dan menekan balerina ke kanan sehingga lintasannya berbelok ke kanan. Makin keras balerina menekan lantai, makin tajam belokannya.

Untuk melakukan gerak melompat, balerina menekan kakinya pada lantai secara vertikal. Dengan memberikan tekanan pada lantai, lantai memberikan reaksi dengan mendorong kaki balerina ke atas.Jika ingin mendapatkan lompatan yang lebih tinggi, maka pada saat melompat lututnya ditekuk. Di sini tekukan lutut bertindak seperti pegas yang tertekan, siap melontarkan benda yang menekannya.

Sementara itu, untuk melakukan gerak berputar, balerina menggerakkan ujung sepatu depan dan belakang ke samping berlawanan. Lantai akan memberikan reaksi dengan memberikan gaya yang berlawanan pada kedua ujung sepatu. Ketika sudah berputar, balerina dapat mengatur kecepatan putarnya dengan mengatur besar momen kelembamannya. Momen kelembamannya merupakan kecenderungan benda untuk mempertahankan posisinya untuk tidak ikut berputar.

Nah gitu, jadi seorang balerina itu pada dasarnya menerapkan hukum-hukum Newton dalam setiap gerakannya, tapi bukan berarti juga kalo lagi nonton pertunjukan balet, kita mesti membuat diagram benda bebas si Balerina ya, bukan kenapa-kenapa, cuma kan jadi ga menikmati tarian si balerina :)

Source: 


No comments:

Post a Comment